Tentang Kedaulatan

free3Sebuah pernyataan menyeruak ke tengah kontroversi : konflik Palestina – Israel adalah konflik kedaulatan, bukan konflik suku, ras, ataupun agama.

Sebuah pernyataan sederhana, cukup menarik, dan mungkin tidak terpikirkan oleh orang banyak. Sejauh ini, dalam kadar tertentu menurut saya cukup menjawab. Meski tak juga selesai. Bagaimanapun kedaulatan hanyalah hasil, akibat. Alasan-alasan yang mendasari sebuah kaum menginginkan kedaulatan sendiri pada akhirnya kembali ke faktor-faktor primordial : agama, keyakinan, pandangan hidup, tradisi, budaya, ras.

Tapi untuk saat ini, marilah kita berpikir tentang kedaulatan saja. Seperti apa sebenarnya wujud sejati sebuah kedaulatan di sebuah bangsa? dan bagaimana caranya sebuah bangsa membangun kedaulatan ? Dan karena itu, mungkin ada baiknya kita kemudian berpikir, apakah Indonesia sebenarnya adalah sebuah bangsa yang sejatinya berdaulat?

Tidak mengapa kan sebuah tulisan di blog berakhir dalam bertanya? Saya sangat yakin bahwa Indonesia ini pun tak sepenuhnya berdaulat. Masih jauh bahkan. Namun saat ini belum tersusun dengan jelas di pikiran untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Mari memikirkannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s