TALENT – Apa Artinya dan Apa Pentingnya

Potensi diri, kecerdasan, dan kepribadian adalah kualitas yang kita dapatkan melalui proses pertumbuhan sejak kecil hingga dewasa, dan semua potensi itu adalah modal terpenting kita untuk menciptakan kehidupan pribadi maupun profesional yang berkualitas.

Talent adalah salah satu hasil nyata dari perkembangan tersebut. Talent adalah pola pikir, perasaan, dan perilaku kita yang produktif. Talent juga adalah wujud nyata dari bagaimana otak kita telah tumbuh dan terprogram secara unik dan permanen.

Pada setiap orang dewasa, dapat dipastikan ada beberapa Talent yang telah berkembang dengan sangat baik. Artinya setiap orang sebenarnya memiliki modal untuk memiliki kinerja dan produktivitas yang excellent dalam profesi atau karier yang spesifik. Syarat mutlaknya adalah dengan menjalankan peranan yang sesuai dengan talentnya. Dalam aktivitas dan peranan yang sesuai dengan Talent, setiap orang akan mampu menghasilkan kinerja dan produktivitas optimum dengan mudah, ringan, dan menyenangkan, karena semua sudah benar-benar sesuai dengan pola pikir, perasaan, dan perilakunya. Jadi untuk menghasilkan kinerja terbaik seseorang hanya perlu “menjadi dirinya sendiri”.

Di dalam memilih karir pribadi, mengenal Talent akan membantu menemukan jalur karir terbaik. Dalam kehidupan keluarga mengenal Talent dapat membantu menciptakan interaksi yang positif, apresiatif, dan sinergis. Di dalam organisasi atau perusahaan, mengenal Talent membantu setiap orang memilih posisi dan peranan yang paling tepat, dan membantu leader mengoptimalkan sumber daya manusia yang dimiliki oleh organisasi. Ketika setiap orang berada di posisinya yang paling tepat dan mengetahui cara terbaik untuk saling mendukung dan bekerja sama, organisasi tersebut akan hidup dengan kapasitas terbaiknya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s