Silsilah : Hadirnya Figur Ayah di Tengah Keluarga

Sudah 3 hari kumpul bareng keluarga besar keturunan Arab di Ciamis, dengan sepupu yang jumlahnya hampir 50 orang, plus ipar, dll.. Mayoritas bin Amberik, tapi ada bin Badres, ada juga bin Djonkar, bin Basalamah, yang saling terhubung karena pernikahan.

Salah satu obrolan utama keturunan Arab sudah pasti tentang silsilah, leluhur, dan tali persaudaraan yang saling silang. 3 hari ini obrolan itu rutin saya ikuti. Beberapa sepupu dan ipar yang masih sangat kental darah Arabnya terus mengingatkan agar silsilah dan nama keluarga selalu dijaga, dipelihara, dan dilanjutkan.

Sampai kemudian saya mulai menyadari satu hal yang menarik. Selain tentu untuk menjaga tali silaturahim, saya mulai merasakan adanya korelasi antara tradisi memakai nama keluarga, dengan kehadiran sosok ayah di tengah keluarga. Penggunaan nama keluarga dengan garis patrilineal ini menanamkan kebanggaan pada diri laki-laki saat telah menjadi ayah, saat sudah punya keturunan. Di sisi lain juga menimbulkan penghormatan pada figur ayah di keturunannya. Ini sebuah tatanan agama dan juga tradisi yang memperkuat urgensi berperannya sang ayah sebagai pemimpin keluarga.

Tradisi ini juga ada di banyak etnis lain. Adalah sebuah kabar gembira saat melihat masih banyak keluarga yang mempertahankan tradisi ini. Sebaliknya, di masyarakat modern kita melihat realita yang memprihatinkan. Lunturnya tradisi ini dapat diduga berkorelasi dengan turunnya kebanggaan dan kehadiran sosok laki-laki/ayah di tengah keluarga. Sekarang tidak sedikit laki-laki yang hanya membanggakan kemajuan karir dan kapasitas finansialnya saja. Ada yang makin tidak tertarik berperan di tengah keluarga, atau bahkan tidak tertarik berkeluarga.

Ada sebuah tradisi yang harus dihidupkan kembali secara bijak agar semua manfaatnya bagi keluarga dapat kita rasakan lagi.

Dan saat ini saya merasa terhormat serta bersyukur terlahir sebagai bagian dari keluarga yang masih menjaga nama leluhur kami : Said Obed Amberik dari Hadramaut, Yaman. Saya bersyukur kepada Allah atas anugrah besar ini. Saya pun berterimakasih kepada para leluhur kami, para lelaki yang sangat berdedikasi pada keluarganya. Kakek Buyut, Kakek, dan Ayah ayah kami.

Iklan

2 tanggapan untuk “Silsilah : Hadirnya Figur Ayah di Tengah Keluarga”

  1. hebat,,,,tetaplah dipetahankan karena untuk menjaga tali silatturahim itu sangatlah penting,,,karena dengan mejaga tali silatturahim itu kita dapat merasakan kebahagian yang tak habis sepanjang masa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s