Mengenal Psikologi Positif dari Pencetusnya

Bagi sebagian kita yang pernah berinteraksi dengan rekan-rekan dari dunia psikologi, barangkali ada yang merasakan sesuatu yang janggal : saat semua bentuk perilaku memicu mereka membuat dugaan akan adanya sesuatu yang salah dari masa lalu, atau sebuah tindakan kecil dianggap sebagai puncak dari sebuah gunung es masalah psikologis.

Tentu tidak semua psikolog seperti itu. Makin ke sini juga rasanya makin sedikit yang parsial begitu. Lebih seimbang. Lebih holistik. Namun dunia psikologi pun ternyata mengakui hal tersebut. Tanpa sengaja sebagian praktisi di dunia ilmu perilaku manusia itu ternyata kerap melihat perilaku manusia dari satu sisi saja, yang bisa jadi “tidak lengkap”, atau bahkan “sama sekali tidak relevan”.

Pada kenyataannya tidak semua perilaku berasal dari masalah di masa lalu, dan juga sesuatu yang tampak kurang wajar atau kurang berkenan di persepsi kebanyakan orang tidak selalu merupakan puncak dari sebuah gunung es masalah psikologis. Jika pun ada perilaku yang berasal dari masalah di masa lalu, perilaku tersebut bisa jadi bukanlah puncak gunung es yang menyembunyikan sesuatu yang besar di bawah permukaan.

Well, ini bukan sebuah topik yang bisa selesai dipahami dalam beberapa paragraf saja. Namun semoga ini bisa menjadi pengantar pada pencarian para psikolog itu sendiri terhadap sudut pandang yang lebih positif dan lebih optimis pada perilaku manusia. Di sini, Martin Seligman, seorang profesor psikologi, menceritakan realita dunia psikologi secara sekilas dan bagaimana ia mengawali sebuah gerakan pencarian baru menemukan Psikologi Positif.

Selamat menyaksikan. Jika berminat, ini bisa jadi awal yang bagus untuk mempelajari Psikologi Positif. Semoga dengan mempelajari Psikologi Positif anda jadi lebih bahagia. Well, menurut Seligman, itulah yang terjadi pada dirinya dan pada murid-muridnya di http://www.sas.upenn.edu/lps/graduate/mapp , Program Pascasarjana Master of Applied Positive Psychology (MAPP) yang ia dirikan di negara Paklek Sam sana.

 

 

Iklan

One thought on “Mengenal Psikologi Positif dari Pencetusnya”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s