muhfirman

Sebagai seorang anak, saya lahir di Ciamis, 2 Februari 1979 (14 Rabi’ul Awwal 1399 H) dari Bapak dan Ibu berdarah Sunda. Setelah itu, sampai usia 8 tahun saya tinggal di Cibeureum, Bandung. Kemudian pindah ke Jayapura. Tinggal di sana sampai lulus SD, untuk mengenal hutan, alam, dan menikmati masa kecil yang sangat sangat bahagia.

.

‘Lahir’ di Semarang

Tapi sebagai sesosok pribadi, saya ‘lahir’ di Semarang, di usia remaja, masa SMP dan SMA. Di sinilah saya mulai membangun identitas dan mulai tertarik pada kehidupan manusia. Awalnya karena senang dengan kehidupan masyarakat Semarang yang sederhana dan berkarakter. Saya merasa cocok.

Di Semarang juga saya mulai berorganisasi dan belajar punya idealisme, terutama karena ketemu dengan teman-teman yang luar biasa di beberapa organisasi di SMA. Sebuah generasi emas dunia organisasi SMA 3 Semarang.

Karena itulah saya merasa Semarang adalah kota ‘kelahiran’. Dan saya memang ingin kembali ke Semarang, punya karir dan karya besar di sana. Walikota mungkin. Kantornya tepat di depan SMA saya. Karir yang dekat kan?

.

Bandung, Metamorfosis

Kuliah, saya datang lagi ke Bandung. Di masa-masa ini banyak hal terjadi yang memperkaya kepribadian dan pemikiran secara signifikan, semacam metamorfosis. Prosesnya sangat berat. Empat tahun pertama adalah turbulence. Untungnya saya punya waktu tujuh tahun di ITB, dan banyak teman yang mendukung dengan tulus di berbagai organisasi.

Hidup saya di Bandung memang dapat disimpulkan dalam kata : organisasi. Di organisasi saya bisa bertumbuh sebagai manusia yang utuh. Membangun identitas, kepribadian, karakter, idealisme. Ini tidak terjadi di dunia akademik. Di organisasi, saya mendapatkan semua yang penting bagi masa depan saya.

.

Keirsey : Idealist. MBTI : ENFJ

Saya orang yang keras keinginan dan pikiran sejak kecil. Kalau berkelahi, ketika dilerai saya pasti menuntut ada pengadilan, agar jelas betul siapa yang salah (agar bisa membela diri, hehe). Ketika SMA sifat itu makin mewarnai hidup saya. Kalau sudah ada keinginan, dikejar sampai dapat.

Tapi ketika kuliah tidak semudah itu. Banyak hal yang harus diurus, jadi saya berkompromi. Keinginan yang muncul makin komplek, jadi butuh dipikirkan dan disiapkan betul. Karena itu saya banyak memendam keinginan, meski tidak pernah lupa.

Metamorfosis selama kuliah pada akhirnya membentuk saya yang keras keinginan jadi seorang idealist–kalo mengacu pada Keirsey. secara lebih terperinci, mengacu pada MBTI Personality Type, saya termasuk tipe ENFJ. Ini juga karena minat saya pada kemanusiaan.

.

Menjadi dan Mengabdi

Keirsey bilang begini :

Idealists, as a temperament, are passionately concerned with personal growth and development. Idealists strive to discover who they are and how they can become their best possible self–always this ‘quest for self-knowledge and self-improvement’ drives their imagination.

Itu yang terjadi pada saya. Dan butuh waktu yang panjang sampai saya yakin ‘siapa saya, seperti apa diri saya yang terbaik itu, dan bagaimana mewujudkannya’.

Sekarang, ketika semua sudah begitu jelas, tiba saatnya untuk ‘menjadi dan mengabdi’. Inilah saatnya mewujudkan keinginan-keinginan besar yang telah lama terasah dan terpendam. Karena itu juga, blog ini berubah. Bukan lagi sekedar sebuah Catatan Perjalanan. Inilah Trimatra Pengabdian saya. Blog inilah Mission Statement saya.

Karena saya yakin, dalam pengabdian, saya dapat menjadi diri yang terbaik, dan memberi karya yang terbaik. Doakan saya.

.

..

Iklan

17 thoughts on “muhfirman”

  1. profilnya singkat amat Kang?
    padahal kalo nulis panjang-panjang

    dari firman : InsyaAllah nanti dipanjangin 🙂

    ikut nge-link jg ya 🙂

  2. Assalamu’alaikum,

    perubahan ke arah yang lebih baik itu harus, dan senantiasa bergerak adalah bukti adanya perubahan.

    selamat bermetamorfosis.
    semoga sukses!!!

    salam kenal.

  3. salam kenal, dan semoga sukses juga.
    sebaik-baik muslim adalah yang bermanfaat bagi orang lain. mari menebar manfaat.

  4. Setelah mengunjungi blog ini baru aku yakin bahwa ini adalah Firman , salah satu Sobatku di SD.Sang bintang kelas.Pangling juga karena makin ganteng aja he…he..he..Mudah2 an gak lupa .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

For Life Path Seeker

%d blogger menyukai ini: